Selasa, 08 Oktober 2013

Waktu : 5 Oktober 2013
Lokasi : Padang-Sawahlunto-Batusangkar-Padang
Peserta: Siswa/i SMP,Guru,Karyawan SMP DEK serta Supir bus Pariwisata
Tujuan: -Mengenal Objek wisata di Sawahlunto dan Batusangkar serta mempelajari sejarahnya
Hasil :
Pada pukul setengah delapan pagi,kami keluarga SMP DEK padang sudah berkumpul di sekolah,untuk mempersiapkan kunjungan belajar kami.Bus-bus sudah terpakir di depan sekolah.Dan setelah kami berbaris-baris dengan tujuan untuk mengambil absen,masing-masing kelas masuk ke dalam bus yang sudah disesuaikan.Karena saya sebagai siswi kelas 8-2 saya masuk ke bus yang terpakir paling belakang.
Di dalam perjalanan kami berusaha untuk mendapatkan kesenangan masing-masing.Dari kami ada yang bernyanyi-nyanyi dengan teriak-teriak,ada yang mendengarkan lagu dengan handsfree,dan juga ada yang tertidur.
Tujuan pertama kami itu Kota Sawahlunto,ketika di jalan tadi kami juga menyalip bus kelas yang lain,karena itu kami menjadi bus yang pertama untuk sampai di kota itu.Kami berkumpul di lapangan segitiga.Di situ kami diberi pengarahan.Kami,kelas 8 untuk pertamakalinya bersama-sama mengunjungi Museum Kereta Api Mak Itam.
Di museum tersebut kami juga mengisi lembaran kerja yang sebelumnya sudah dibagikan di dalam bus tadi.Setelah selesai mengisi lembaran tersebut dan puas untuk melihat keunikan dari museum,kami melanjutkan tur ke Lubang Mbah Seuro.
Setelah sampai di gedung Info Box,kata petugas disana peserta yang boleh memasuk lubang tersebut tidak boleh semuanya,dan kamipun dibagi dua kelompok.Kelompok 1 yaitu kelas 8-1 memasuki lubang tersebut terlebih dahulu.Dan saya,kelas 8-2 diberi kesempatan untuk melihat gedung tersebut dan juga mengisi lembaran kerja siswa.
Bersamaan datangnya siswa/i kelas 7 ke gedung tersebut,kamipun mulai menyusul masuk ke lubang mbah seuro.
Tepat jam 12 kami selesai untuk melihat Lubang Mbah Seuro.Kamipun istirahat untuk makan siang dan Sholat.Kami istirahat bertempat di gedung IPTEK Center,yg berada di depan Gedung Info Box.
Jam 2 siang kami melanjutkan perjalanan ke Batusangkar,di dalam perjalan ke Batusangkar kami mulai merubah suasana bus itu dari suasana yang sepi dengan suasana yang sangat heboh.Seperempat dari kami menyanyi dan menari-nari mengikuti musik.
Sebelumnya,kami mengunjungi Istana Pagaruyung,disana kami beristirahat sejenak dan berfoto-foto.Saat disana kami diperbolehkan untuk menggunakan fasilitas yang ada seperti menaiki kuda,membeli pernak-pernik,dll.
Tetapi kami tidak diperbolehkan untuk memasuki istana tersebut.Dan saya lupa menanyakan alasannya.Untuk mengakhiri Kunjungan belajar ini kami berfoto bersama dengan background Istana Pagaruyung.
Setelah itu,kami melanjutkan perjalanan kembali pulang ke Padang.Dan di dalam perjalanan kami kembali merubah suasana.Dan sekarang kami mencoba untuk bermain beberapa game,diantaranya Teka-Teki,Adu Gombal,Satu-Kosong.Sesudah bermain kami beristirahat sejenak.Dan mencoba berhenti di pertamina.Kami juga diberi snack oleh guru-guru yang mengawasi kami.
Karena bus 8-2 yang pertama untuk berhenti dan pertama jjuga memimpin perjalanan.Bus yang lain juga ikut berhenti.Bertepatan dengan itu,kami melanjutkan perjalanan kami,dan ternyata didepan kami sudah ada bus kelas 7.
Kami mencoba mengecek siapa yang tidak ada di dalam bus tersebut.Dan tiba-tiba,kami melihat sofia berlari-lari mengejar bus.Kamipun berhenti,dan melepaskan tawa kami tiada henti.
Senjapun tiba,kami mencoba untuk duduk di tempat.Dan saat itu kami sudah berada di Sicincin.Sekitar 1 setengah jam lagi kami sampai.
Dari waktu magrib sampai kami tiba di Tabing,kami hanya bermain Jujur-jujuran atau ToD.Dan saya,dari bus kami di Tabing sampai di Sekolah saya tertidur,dan tidak tahu bahwa kejadian apa saja yang terjadi selama itu sampai saya sadar bahwa ternyata sudah banyak yang pulang ke rumah di dalam perjalanan.
Di sekolah kami sampai pada pukul jam 8 malam.Kami dijemput oleh orangtua masing-masing dan selesailah Kunjungan Belajar kami kali ini,dan terimakasih terutama untuk Tuhan yang telah melancarkan perjalanan ini dan membuat kami sampai tujuan dengan selamat.